Yang disunnahkan dengan berwudhu

1. Tidur

صَرَّحَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ وَالشَّافِعِيَّةُ غَيْرَ الْبَغَوِيِّ بِأَنَّ الْوُضُوءَ لِلنَّوْمِ سُنَّةٌ وَيَرَى الْمَالِكِيَّةُ أَنَّ الْوُضُوءَ لِلنَّوْمِ مُسْتَحَبٌّ، وَفِي قَوْلٍ عِنْدَهُمْ وُضُوءُ الْجُنُبِ لِلنَّوْمِ سُنَّةٌ وَفِي قَوْلٍ: إِنَّهُ وَاجِبٌ، وَقَال الْبَغَوِيُّ مِنَ الشَّافِعِيَّةِ إِنَّ النُّوَّمَ لاَ يُسْتَحَبُّ لَهُ الْوُضُوءُ

Hanafiyah, hanabilah, dan syafiiyah selain baghowi menyatakan bahwa wudhu untuk tidur adalah sunnah, dan malikiyah memandang bahwa wudhu untuk tidur adalah mustahab (disukai), dan sebuah qoul dari mereka wudhunya orang yang junub untuk tidur adalah sunnah, dan sebuah qoul lainnya menyatakan wajib,
Adapun al-baghowi dari madzhab syafiiyah mengatakan bahwa tidur tidak mustahab (disukai) baginya untuk berwudhu

2. Membaca alquran quran

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَقِرَاءَةِ الْحَدِيثِ وَرِوَايَتِهِ

Fuqaha sepakat bahwa wudhu itu disukai untuk membaca alquran quran, membaca kitab hadits dan riwayat

3. Dzikir (menyebut nama Allah)

صَرَّحَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ بِاسْتِحْبَابِ الْوُضُوءِ لِذِكْرِ اللَّهِ تَعَالَى

Hanafiyah, malikiyah, syafiiyah, dan hanabilah menyatakan mustahab (disukainya) berwudhu untuk dzikir kepada Allah ta’alaa

4. Adzan

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ: الْوُضُوءُ لِلأَْذَانِ

Fuqaha sepakat bahwa mustahab berwudhu untuk adzan

5. Iqomah

اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي حُكْمِ الْوُضُوءِ في الإقامة و تفصيله :

Fuqaha berselisih dalam hukum wudhu dalam iqamah, dan perinciannya :

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى كَرَاهَةِ الإِْقَامَةِ مَعَ الْحَدَثِ الأَْصْغَرِ، لأَِنَّ السُّنَّةَ وَصْل الإِْقَامَةِ بِالشُّرُوعِ بِالصَّلاَةِ، وَاتَّفَقُوا عَلَى سُنِّيَّةِ الإِْعَادَةِ مَا عَدَا الْحَنَفِيَّةَ. وَفِي رَأْيٍ لِلْحَنَفِيَّةِ أَنَّ إِقَامَةَ الْمُحْدِثِ حَدَثًا أَصْغَرَ جَائِزَةٌ بِغَيْرِ كَرَاهَةٍ.

Fuqaha sepakat atas kemakruhan atas iqamah bersamaan dalam keadaan berhadats kecil karena hubungan iqamah dengan syariat adalah dengan shalat (hendak langsung menunaikan shalat) dan mereka meyepakati sunnah mengulai wudhu untuk iqamah kecuali madzhab hanafiyah , dan dalam pandangan hanafiyah bahwa iqamahnya orang yang berhadats (hadats kecil) itu dibolehkan tanpa ada unsur kemakruhan

أَمَّا مِنَ الْحَدَثِ الأَْكْبَرِ فَفِيهِ رَأْيَانِ:
الأَْوَّل: ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ، وَهُوَ إِحْدَى الرِّوَايَتَيْنِ عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ، إِلَى كَرَاهَةِ إِقَامَةِ الْمُحْدِثِ حَدَثًا أَكْبَرَ.

Adapun hadats besar maka didalamnya ada dua pandangan :
Pertama : hanafiyah, malikiyah, syafiiyah dan salah satu dari dua riwayat hanabilah bahwa makruh iqamahnya orang yang berhadats besar

الثَّانِي: الرِّوَايَةُ الأُْخْرَى عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ: بُطْلاَنُ الأَْذَانِ مَعَ الْحَدَثِ الأَْكْبَرِ، وَهُوَ قَوْل عَطَاءٍ وَمُجَاهِدٍ وَالأَْوْزَاعِيِّ وَإِسْحَاقَ

Kedua : riwayat lain dari hanabilah batalnya adzan orang yang berhadats besar dan ini qoul atho, dan mujahid dan al-auza’i dan ishaq

6. Khutbah

يَرَى جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِلْخُطْبَةِ؛ لأَِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي عَقِبَ الْخُطْبَةِ لاَ يَفْصِل بَيْنَهُمَا بِطَهَارَةٍ، فَيَدُل عَلَى أَنَّهُ كَانَ مُتَطَهِّرًا

Jumhur fuqaha memandang bahwa mustahab wudhu untuk khutbah karena nabi shallallahu alaihi WA salam ” Beliau berdoa setelah berkhutbah dan tidak memisahkan nya dengan bersuci” Ini menunjukan bahwa ia beliau dalam keadaan bersuci

وَيَرَى الشَّافِعِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ عَلَى الْقَوْل الْمُقَابِل لِلْمَشْهُورِ أَنَّ الطَّهَارَةَ عَنِ الْحَدَثِ مِنْ شُرُوطِ

Syafiiyah dan malikiyah yang berlawanan dengan qoul masyhur nya bahwa bersuci dari hadats adalah bagian syarat (khutbah)

7. Belajar ilmu syar’i

يَرَى جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِدِرَاسَةِ الْعِلْمِ الشَّرْعِيِّ، وَقَال الْحَطَّابُ نَقْلاً عَنِ الشَّبِيبِيِّ: مِنَ الْمُبَاحِ الْوُضُوءُ لِتَعَلُّمِ الْعِلْمِ وَتَعْلِيمِهِ عِنْدَ بَعْضِهِمْ

Jumhur fuqaha memandang bahwa mustahab (disukai) berwudhu untuk belajar ilmu syar’i, sedangkan al-hathab menukil dari asy-syabibi : mubah (hukumnya)wudhu untuk belajar ilmu dan mengajarjannya menurut sebagian dari mereka

8. Wuquf di arafah dan sai diantara shofa dan marwah

الْوُقُوفُ بِعَرَفَةَ وَالسَّعْيُ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ:
يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِلْوُقُوفِ بِعَرَفَةَ لِشَرَفِ الْمَكَانِ وَمُبَاهَاةِ اللَّهِ تَعَالَى الْمَلاَئِكَةَ بِالْوَاقِفِينَ، كَمَا يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِلسَّعْيِ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ لأَِدَاءِ الْعِبَادَةِ وَشَرَفِ الْمَكَانَيْنِ .

Mustahab (disukai) berwudhu untuk wuquf di arafah untuk menghormati tempat dan kebanggan Allah subhana WA ta’alaa atas para malaikat kepada orang-orang yang wuquf, sebagaimna mustahab (disukai) agar berwudhu ketika sai antara shafa dan marwah karna pelaksaan ibadah dan menghormati kedua tempat tersebut

9. Ziarah ke makam nabi shallallahu alaihi WA salam

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِزِيَارَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَعْظِيمًا لِحَضْرَتِهِ وَدُخُول مَسْجِدِهِ

Fuqaha sepakat atas mustahabnya (disukai) berwudhu untuk ziarah kepada nabi shallallahu alaihi WA sallam sebagai bentuk ta’zhim (pengagungan) atas kehadirannya dan ta’zhim karna memasuki masjidnya

10. Memperbaharui wudhu

اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي حُكْمِ تَجْدِيدِ الْوُضُوءِ

Yang dimaksud disini adalah berwudhu ketika dalam keadaan masih suci
Fuqaha berselisih pendapat dalam hukum memperbarui wudhu ini

11. Wudhunya orang junub ketika hendak makan dan minumminum, mengulangi hubungan seksual dan tidur

وُضُوءُ الْجُنُبِ عِنْدَ إِرَادَةِ الأَْكْل وَالشُّرْبِ وَمُعَاوَدَةِ الْوَطْءِ وَالنَّوْمِ:
ذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ الْحَنَفِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ إِلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ لِلْجُنُبِ الْوُضُوءُ عِنْدَ إِرَادَةِ الأَْكْل وَالشُّرْبِ وَمُعَاوَدَةِ الْوَطْءِ وَالنَّوْمِ لِحَدِيثِ عَائِشَةَ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا – كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهُوَ جُنُبٌ غَسَل فَرْجَهُ وَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ

Jumhur Fuqaha diantaranya hanafiyah, syafiiyah, dan hanabilah berpendapat bahwa mustahab (disukai) wudhu bagi orang yang junub ketika hendak makan dan minum, mengulangi hubungan dan hendak tidur berdasarkan hadits aisyah radhiallahu anha ” Nabi shallallahu alaihi WA salam ketika hendak tidur dan ia sedang junub maka beliau mencuci kemaluannya dan berwudhu seperti wudhu untuk shalat

وَفِي رِوَايَةٍ: تَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلاَةِ قَبْل أَنْ يَنَامَ


Dalam riwayat lain : beliau berwudhu seperti wudhunya untuk shalat sebelum beliau tidur

12. Menjaga wudhu

صَرَّحَ الْحَنَفِيَّةُ بِأَنَّهُ يُنْدَبُ الْمُحَافَظَةُ عَلَى الْوُضُوءِ، وَتَفْسِيرُهُ: أَنْ يَتَوَضَّأَ كُلَّمَا أَحْدَثَ لِيَكُونَ عَلَى الْوُضُوءِ فِي الأَْوْقَاتِ كُلِّهَا

Madzhab hanafiyah menyatakan mandub menjaga wudhu, dan tafsirnya :hendaklah berwudhu setiap berhadats dan untuk berwudhu setiap saat (maksudnya setiap hadats langsung berwudhu lagi untuk menjaga wudhunya)

13. Berwudhu untuk keluar dari khilaf para ulama

الْوُضُوءُ خُرُوجًا مِنَ الْخِلاَفِ:
صَرَّحَ الْحَنَفِيَّةُ بِأَنَّهُ يُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ لِلْخُرُوجِ مِنْ خِلاَفِ سَائِرِ الْعُلَمَاءِ كَمَا إِذَا مَسَّ امْرَأَةً مُشْتَهَاةً غَيْرَ مُحَرَّمَةٍ، أَوْ فَرْجَهُ بِبَطْنِ كَفِّهِ لِتَكُونَ عِبَادَتُهُ صَحِيحَةً بِالاِتِّفَاقِ عَلَيْهَا اسْتِبْرَاءً

Madzhab hanafiyah menyatakan bahwa mustahab (disukai) berwudhu untuk keluar dari khilaf (perbedaan) dengan ulama lainnya, sebagaimna jika menyentuh wanita dalam keadaan syahwat selain mahram, ataw menyentuh kemaluan dengan telapak tangan agar ibadahnya sah berdasarkan kesepakatan bersama

Al-mausuah al-fiqhiyah al-kuwaitiyah

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai