Syarat barang dagangan bag 1 (keberadaan barang harus ada)

أَنْ يَكُونَ الْمَبِيعُ مَوْجُودًا حِينَ الْعَقْدِ.
28 – فَلاَ يَصِحُّ بَيْعُ الْمَعْدُومِ، وَذَلِكَ بِاتِّفَاقِ الْفُقَهَاءِ.
وَهَذَا شَرْطُ انْعِقَادٍ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ.

Maka tidak sah menjual barang yang tidak ada, yang demikian kesepakatan fuqaha, dan ini adalah syarat akad menurut hanafiyah

وَمِنْ أَمْثِلَةِ بَيْعِ الْمَعْدُومِ بَيْعُ الثَّمَرَةِ قَبْل أَنْ تُخْلَقَ، وَبَيْعُ الْمَضَامِينِ (وَهِيَ مَا سَيُوجَدُ مِنْ مَاءِ الْفَحْل) ، وَبَيْعُ الْمَلاَقِيحِ (وَهِيَ مَا فِي الْبُطُونِ مِنَ الأَْجِنَّةِ) وَذَلِكَ لِحَدِيثِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: نَهَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ الْمَضَامِينِ وَالْمَلاَقِيحِ وَحَبَل الْحَبَلَةِ (1) .

Contoh jual beli yang tidak ada adalah jual beli buah sebelum matang, jual beli bibit pejantan (al-mudhomin) (sperma yang ada pada binatang pejantan) , jual beli (al-mulaqih) jual beli binatang yang masih di dalam janin , yang sedemikian (dilarang) berdasarkan hadits Ibnu abbas radhiallahu anhuma : “Rasulullah shallallahu alaihi salam melarang jual beli mudhomin, mulaqih dan habala al-habahah (janin hewan yang hamil)

Rujukan :
(1) حديث: ” نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن بيع المضامين. . . ” أخرجه عبد الرزاق في مصنفه من حديث ابن عمر (8 / 21 ط المجلس العلمي) وقوى ابن حجر إسناده في التلخيص (3 / 12 ط شركة الطباعة الفنية) .

وَلِمَا فِي ذَلِكَ مِنَ الْغَرَرِ وَالْجَهَالَةِ. وَلِلْحَدِيثِ: نَهَى عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ (2) .

Dan karena dalam transaksi tersebut mengandung gharar dan ketidakjelasan, dalam hadits Rasulullah melarang jual beli gharar

Rujukan :
” أخرجه مسلم (3 / 1153 ط الحلبي)

وَلاَ خِلاَفَ فِي اسْتِثْنَاءِ بَيْعِ السَّلَمِ، فَهُوَ صَحِيحٌ مَعَ أَنَّهُ بَيْعُ الْمَعْدُومِ، وَذَلِكَ لِلنُّصُوصِ الْوَارِدَةِ فِيهِ، وَمِنْهَا: نَهَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعِ مَا لَيْسَ عِنْدَ الإِْنْسَانِ، وَرَخَّصَ فِي السَّلَمِ (3) .

Tidak ada khilaf mengenai istitsna’ dan jual beli salam, Memang benar meskipun itu adalah jual beli yang tidak ada barangnya , karena ada nash-nash lain yang terkandung di dalamnya. ” Rasulullah alaihi WA salam melarang menjual barang yang tidak dimiliki seseorang, namun beliau mengizinkan salam”

Rujukan :
(3) فتح القدير 1 / 50، والدسوقي 3 / 157 – 158، والمغني والشرح الكبير 4 / 276، والقليوبي 2 / 175 – 176.

Al-maushuah al-fiqhiyah al-kuwaitiyah

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai